Cara Mudah Hemat Data Aplikasi WhatsApp

Posted by Rionaldy on

Yap, sesuai dengan judulnya postingan kali ini masih saja membahas aplikasi instant Messenger WhatsApp, semoga para pembaca sekalian tidak bosan-bosannya dengan blog saya yang jarang update dan membahas tentang aplikasi itu-itu saja ya . :v

Walaupun banyak orang yang bilang pemakaian kuota di WhatsApp itu tergolong hemat, namun beberapa  Faktor ini bisa membuat kuota kalian menjadi boros lo,,



Sebelum kita terjun ke inti blog , mari kita simak penjelasan singkat mengenai 3 faktor yang menyebabkan pemakaian kuota kalian menjadi boros di Aplikasi ini. Namun beberapa faktor yang di sebutkan tidak benar dan tidak salah ya gan, karena banyaknya pemakaian kuota internet bergantung pada masing-masing pengguna.

1.) Pesan Grup.
Masih masalah yang sama, Pesan Grup merupakan salah satu penyebab banyaknya pemakaian kuota kalian , bukan hanya kuota internet kapasitas memori internal-pun ikut bertambah sehingga menyebabkan memori telepon juga menjadi cepat penuh.

2.) Video Status.
Sama halnya  ketika kalian melakukan video streaming di you tube, melihat status berupa video juga bisa menghabiskan kuota kalian loh  gan, terlebih lagi kalian yang  sering mengupload video status yang kualitas videonya lumayan tinggi misalnya video dengan resolusi 720 Pixel or HD, jelaslah kuota kalian bakalan dibabat  habis saat mengupload video tersebut.

3.) Melakukan panggilan (suara dan video).
Hampir sama dengan faktor kedua, bagaimana tidak melakukan panggilan  juga bisa membuat kuota kalian bisa cepat habis, mengapa demikian?! Alasannya , melakukan  panggilan suara/video sama seperti kalian melakukan video steaming, apalagi durasi panggilan yang kalian lakukan cukup lama.


Benar tidaknya faktor-faktor diatas, dapat kalian periksa sendiri gan, seberapa besar pemakaian kuota kalian dengan cara melihat langsung penggunaan data di menu setelan.

  • Tampilan awal WA klik ikon pengaturan di sudut kanan atas aplikasi.
  • Pilih Setelan.

  • Langsung menuju Penggunaan Data.
  • Langkah Terakhr pilih Pengunaan Jaringan.


Tampilan data pada Pengunaan Jaringan memperlihatkan data pemakaian kuota kalian gan, mulai dari pesan terkirim,diterima,pembaruan status hingga total bita terkirim dan bita diterima.


Tetapi dari  Faktor  di atas, Pesan Gruplah yang menurut saya menjadi penyebab utama  borosnya kuota kalian gan, kenapa ?! Karena beberapa ponsel pengaturan pesan-pesan dalam WA di download secara otomatis entah itu pesan audio, foto, video maupun dokumen. 

So! Jika anggota-anggota grup sering mengirimkan pesan-pesan yang tidak begitu peting untuk di bahas, apalagi pesan tersebut berupa pesan video. Pastilah kuota kalian tetap akan berkurang dengan sendirinya walaupun kalian tidak melihat video tersebut.

Nah untuk mengatasi masalah sebelumnya, caranya cukup simple gan,  kunci-nya kalian hanya perlu megatur pesan kalian , yang  sudah dirampung dalam, 

Cara Mudah Hemat Data Aplikasi WhatsApp.

1.) Langkah awal sama dengan melihat banyaknya penggunaan data di atas.
2.) Tampilan awal WA klik ikon pengaturan di sudut kanan atas aplikasi.
3.) Langsung menuju penggunaan data.
4.) Pilih saat menggunakan data seluler.
5.) Atur sesuai keinginan kalian. Hapus centang untuk menghentikan pesan yang di download secara otomatis.
6.) Pilih Saat menggunakan penggunaan WI-FI, atur sesuai keinginan kalian.
7.) Centang , Gunakan data Minimum.


Ingat Ya gan Borosnya pemakaian Data Seluler kalian bukan hanya dari Aplikasi WA saja, semuanya tergantung aktifitas yang sering kalian lakukan pada gadget kalian.

Selain dapat menghemat kuota internet, cara di atas juga berpengaruh terhadap pemakaian kapasitas memori internal kalian gan, sebab kalian telah mematikan fitur auto download pada pesan-pesan yang akan masuk di WA kalian. Akhir tulisan wassalamualaikum warrahmatullahi wabbarakatuh.

Previous
« Prev Post

Related Posts

19.30.00

0 komentar:

Posting Komentar