Hotspot di Laptop

Posted by Rionaldy on

Halo semua ...

Kembali lagi dengan Blog Newbie ini , punya modem USB di rumah, tapi nggak kepakai . Tenang gan,  pada artikel kali ini Sek-Ho akan membahas bagaimana caranya memanfaatkan modem USB sebagai hotspot di Laptop.


Alat dan Bahan yang perlu di sediakan :

  • 1 buah Modem USB 
  • Kuota Internet
  • 1 buah Laptop atau PC yang mendukung fitur Wifi 

Tahap Kerja :

  1. Klik icon windows kalian atau tekan icon windows di keyboard kalian. Disini saya menggunakan OS Windows 7, untuk OS Windows 8 dan 10 silahkan menyesuaiakan gan.
  2. Pada kotak "search program and files" ketik "CMD" klik kanan dan "Run Administrator" pilih Yes . Simak tampilannya di bawah gan.
  3. Ketik terlebih dahulu " netsh wlan show drivers " (perintah ini berguna untuk melihat apakah laptop atau PC kita mendukung hotspot) kemudian cari " Hosted Network Supported" Yes menandakan Laptop kalian mendukung hotspot,
  4. Lanjut, ketik " netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namahotspot key=Password (sebanyak 8 huruf). 
  5. Aktifkan Hotspot kalian dengan mengetik perintah di CMD " netsh wlan start hosted network " dan mematikan hotspot "netsh wlan stop hosted network". (catatan : Minimize Aplikasi "CMD" jangan di keluarkan). Simak contohnya gan ;
  6. Klik kanan Icon WI-FI , pilih "open network and sharing center"
  7. Klik koneksi Internet Modem kalian, (di sini koneksi modem saya "Mobile broadband Connection 2")
  8. Klik "Properties>sharing>centang "Allow Other Network Users to connect..." dan "select private virtual connection" Sesuaikan dengan Wireless Network Connection kalian ( disini saya sharing ke "Wireless Network Connection 2" )>Ok.

Hasil akhirnya seperti ini gan, akan berpindah posisi hotspot kita dengan koneksi modem.

Begitulah cara membuat laptop kalian menjadi hotspot.

TIPS:

  • Gunakan Laptop yang sudah bocor baterainya atau kalian dapat mencabut baterai kalian.
  • Untuk tahap 6 sampai 8 bisa di gunakan untuk membagi koneksi  Wi-Fi Voucher yang menggunakan akun untuk Login ke jaringan tersebut.
  • Cara ini (hotspot laptop) bisa di gunakan untuk bermain game antar laptop contohnya "Counter Strike " dan Game Emulator PSP yang mendukung MultiPlayer Ad hoc.
#Semoga Bermanfaat.

Previous
« Prev Post

Related Posts

07.40.00